Sabtu, 16 April 2016

ilmu kauniyah

Allah SWT satu-satunya Tuhan yang patut kita sembah. Tiada tuhan selain Allah. Begitu maha kasih dan sayang Allah telah menciptakan alam semesta dan makhluk-makhluknya. Sungguh manusia telah diberikan beragam nikmat dan karunia serta hikmah dan pelajaran.

Sebagai umat nabi akhir zaman sungguh Allah begitu kasihnya dengan memfirmankan langsung apa yang diwahyukannya melalui Al Qur'an. Dengan Al Qur'anlah manusia dapat berinteraksi dengan Rabbnya. Mukjizat nabi yang sangat besar dana gung ini bahkan hingga saat ini terasa sangat manfaatnya bagi dunia dan alam semesta.

Sungguh akan bahagia dan selamat siapa saja yang dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap karunia ilmu yang ada dalam Al-Qur'an. Selain itu Allah juga memberikan kita bukti kuasaNya dengan adanya ayat-ayat yang tak tersurat dalam Al Qur'an.

Dan pantaslah kita sebagai hamba dan makhlukNya untuk senantiasa berkhidmat memikirkan setiap kejadian dan hikmah yang ada dari ayat-ayat Qauliyah ataupun Kauniyah.

Qauliyah adalah ayat-ayat yang sudah tertulis dalam Al qur'an sedangkan ayat-ayat Kauniyah adalah ayat-ayat Allah yang ada di sekitar kita alam, kejadian, persoalan hidup, dan semua dinamika yang
ada dalam kehidupan.Sungguh Allah maha pengasih dan penyayang pada setiap makhlukNya.

Ayat-ayat qauliyah mengisyaratkan kepada manusia untuk mencari ilmu alam semesta (ayat-ayat kauniyah), oleh sebab itu manusia harus berusaha membacanya, mempelajari, menyelidiki dan merenungkannya, untuk kemudian mengambil kesimpulan. Allah swt. berfirman: “Bacalah (ya Muhammad) dengan nama Tuhanmu Yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari ‘alaq. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang Mengajar (manusia) dengan perantaraan alam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al-‘Alaq:1-5)

Semoga kita termasuk hambaNya yang berpikir dan senantiasa berdzikir memikirkan setiap ayat yang telah Allah tunjukkan kepada kita orang-orang yang beriman. Semoga Allah senantiasa memberikan jalan yang lurus kepada kita, yaitu jalan orang-orang terdahulu yang telah diberikan nikmat dan bukan orang-orang yang telah diberikan murka....aamiin....

sumber : http://qaukaun.blogspot.co.id/2015/01/qauliyah-kauniyah.html


0 komentar:

Posting Komentar